Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Usaha Sambil Bekerja Berikut Ini Sebelum Membuat Keputusan

Rekrutmen.info – Ada banyak pertimbangan dari kelebihan dan kekurangan usaha sambil bekerja. Ini yang sering kali banyak membuat orang dilema. Di awal meniti karir, khususnya bagi yang baru menyelesaikan pendidikan, pasti sebagian besar bimbang memilih apakah lebih baik membuka usaha sendiri, atau justru mencari pekerjaan. Dan tak sedikit yang akhirnya ingin menggeluti keduanya. Dimulai dari bekerja untuk mengumpulkan modal, hingga akhirnya membuka usaha sambilan dari modal tersebut.

Motif melakukan usaha sambilan ini juga banyak. Mulai dari ingin memiliki penghasilan tambahan disamping penghasilan pokok dari gaji tetap, sampai ingin mewujudkan cita-cita untuk menjadi pengusaha yang memiliki perusahaan, hingga memiliki karyawan sendiri. Tentu semua orang tak ingin terus menerus menjadi karyawan bukan?

Inspirasi Membuka Usaha Sambilan

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan usaha sambil bekerja, disini ada beberapa rekomendasi usaha yang bisa Anda jalankan sebagai usaha sambilan:

  1. Bisnis kuliner. Jika Anda menyukai bidang memasak, dan ingin membuka usaha darinya, maka Anda bisa mulai memikirkan untuk membuka usaha kuliner. Anda bisa berjualan dengan menyesuaikan waktu Anda bekerja. Atau bahkan Anda bisa memasarkan produk kuliner Anda di kantor sesama rekan kerja.
  2. Bisnis online. Ini adalah yang paling banyak digeluti oleh para pekerja masa kini. Biasanya mereka membuka usaha online shop sebagai usaha sambilan mereka. Karena melalui online shop ini Anda bisa melakukan usaha dimana saja dan kapan saja tanpa harus menggelar lapak secara konvensional.
  3. Menjual jasa. Jika Anda memiliki bakat atau hobi tertentu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai usaha sampingan Anda. Misalnya Anda hobi menjahit, Anda bisa membuka jasa terima jahit kecil-kecilan yang bisa Anda kerjakan sepulang dari pekerjaan di kantor. Atau Anda memiliki bakat menulis, desain, fotografi, dan sebagainya, Anda bisa menjual jasa Anda di online.

Nilai Plus Jika Buka Usaha Sambil Bekerja

Tentunya membuka usaha sambilan memiliki banyak sisi keunggulan. Apa sajakah itu?

  1. Menambah penghasilan. Ini adalah poin plus pertama. Karena biar bagaimanapun juga, seseorang membuka usaha tentu tujuannya agar bisa mendapatkan keuntungan.
  2. Mengembangkan bakat dan menyalurkan hobi. Jika Anda memang memiliki bakat berbisnis atau hobi di bidang tertentu yang bisa dikembangkan sebagai peluang usaha, maka dengan membuka usaha sambilan ini Anda bisa mengembangkan bakat dan hobi Anda tersebut.
  3. Sebagai investasi. Ada yang bilang bahwa semua karyawan nantinya akan menjadi pengusaha. Menjadi seorang karyawan memiliki batasan umur. Ketika usia Anda sudah lanjut, dan tenaga Anda sudah tergantikan oleh yang muda-muda, maka Anda tak perlu risau di masa pensiun Anda. Karena Anda memiliki usaha yang masih tetap bisa Anda kembangkan seumur hidup.
  4. Menjadi selangkah lebih maju. Tentu saja jika Anda memiliki usaha sampingan, Anda bisa dikatakan selangkah lebih maju dibanding karyawan lain yang hanya mengandalkan gaji setiap bulan saja.

Waspada Resiko Buka Usaha Sambil Bekerja

Namun demikian, bekerja sambil membuka usaha bukan berarti tak memiliki resiko atau kekurangan. Resiko pertama tentu yang paling sering dialami oleh para pengusaha sambilan, yaitu tidak bisa fokus dengan masing-masing pekerjaan. Hal ini yang terkadang membuat usaha yang sudah dirintis menjadi sia-sia karena kota terlalu fokus pada pekerjaan yang bertubi-tubi. Selain itu menjadi seorang pengusaha juga harus berani menanggung resiko kelelahan. Karena tak seperti yang dibayangkan, membuka usaha bukanlah hal yang sepele dan bisa diremehkan. Fisik Anda bahkan harus lebih kuat dibandingkan jika anda hanya duduk di belakang komputer di kantor. Demikianlah kelebihan dan kekurangan usaha sambil bekerja yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam membuat keputusan nantinya.