5 Situs Pendidikan e-learning Gratis Saat Wabah Corona

Rekrutmen.info – Dalam situasi pandemi Covid-19, beberapa kegiatan harus dialihkan di rumah untuk menghindari penularan. Tidak hanya bekerja, tetapi proses kegiatan belajar mengajar juga tidak bisa lagi dilakukan di sekolah. Dari kebijakan belajar di rumah ini kemudian dibuat beberapa perusahaan e-learning mengambil inisiatif untuk membuat kegiatan belajar di tengah wabah virus korona ini lebih menyenangkan. Dari sini beberapa perusahaan e-learning membebaskan portal untuk diakses oleh setiap siswa selama kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah. Lalu portal pendidikan e-learning mana yang berkontribusi memberikan akses gratis kepada siswa selama pandemi Covid-19? Berikut ulasannya.

Ruang guru

Portal pendidikan e-learning yang menyediakan akses gratis ke siswa adalah Ruangguru. Sebagai portal e-learning yang kini berkembang pesat, Ruangguru tampaknya ditantang untuk menyediakan ruang belajar yang nyaman dan berkualitas bagi siswa di tengah situasi wabah virus korona. Dengan program Ruangguru Online School gratis, siswa yang terkena dampak juga dapat berpartisipasi dalam pembelajaran jarak jauh online (pengajaran langsung) melalui aplikasi Ruangguru secara gratis tanpa biaya setiap hari Senin hingga Jumat. Pembelajaran online gratis dari aplikasi Ruangguru telah dimulai sejak 16 Maret 2020 mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB. Ruangguru sendiri akan menyediakan 15 saluran pengajaran langsung yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional. Dipandu oleh Guru Guru Ruangguru, pelajaran yang disajikan adalah untuk semua tingkatan dari kelas 1 sekolah dasar hingga kelas 12 sekolah menengah (Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Sosial).

Quipper

Platform sistem manajemen pembelajaran (LMS) Quipper juga tidak ingin ketinggalan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pengajaran dan pembelajaran di rumah. Melalui Quipper School, siswa dapat belajar dan juga mengerjakan tugas dan ujian dengan mudah melalui perangkat digital mereka. Di Quipper, sekolah juga dapat berpartisipasi dalam program pembelajaran siswa di rumah. Tidak hanya siswa yang dapat belajar, tetapi guru juga dapat menggunakannya untuk mengelola materi, ujian, dan nilai belajar siswa. Dari sini via Quipper, interaksi guru dan siswa juga dapat berjalan bahkan dari jarak jauh. Perusahaan Edutech Quipper sendiri mulai membebaskan program pembelajaran mulai dari 17 Maret 2020.

Kelas Pintar

Selanjutnya, portal pendidikan e-learning yang menyediakan akses gratis selama pandemi Covid-19 adalah Kelas Pintar. Meski proses belajar mengajar harus dilakukan di rumah, tetapi menurut pendiri Smart Class, Fernando Uffie, kegiatan belajar mengajar tidak boleh dihentikan. Dari sini Smart Classes kemudian memberikan akses gratis selama satu bulan kepada guru dan siswa di seluruh Indonesia untuk menggunakan platform sehingga kegiatan belajar mengajar selama pandemi berlanjut.

Sekolahmu

Tidak ingin ketinggalan dengan platform e-learning lainnya, portal School juga menyediakan akses gratis untuk siswa yang terkena pandemi Covid-19. Dengan aplikasi pembelajaran berbasis kompetensi yang berhasil, Sekolah Anda menyajikan proses pembelajaran online yang fleksibel sesuai dengan kurikulum yang disyaratkan. Menurut direktur, Radinka Qiera, program studi di sekolah Anda telah dirancang dengan sangat baik oleh tim akademik yang berpengalaman. Dari sini, siswa dan guru dan orang tua dari semua tingkatan dari pra-sekolah hingga sekolah menengah, dapat menggunakan platform ini sebaik mungkin.

Zenius

portal pendidikan e-learning yang menyediakan akses gratis bagi siswa selama wabah virus korona adalah Zenius. Menurut Rohan Monga sebagai CEO Zenius, mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan akses gratis bagi siswa untuk lebih dari 80 ribu video pembelajaran. Ini dilakukan dengan tujuan agar siswa dapat terus menjalankan kegiatan belajar mandiri di rumah secara efektif, terarah dan terstruktur.