Cara Menghasilkan Uang Saat Kuliah (Kuliah Sambil Kerja)

Rekrutmen.info – Menjadi mahasiswa bukanlah suatu hal yang menghambat untuk menghasilkan uang. Hidup di luar kota dengan hanya menantikan kiriman uang saku dari orang tua sering membuat mahasiswa berpikir untuk mendapatkan kerja sampingan untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah ataupun menambah tabungan. Apalagi jika orang tua bukanlah dari golongan orang yang berlebih hartanya, menghasilkan uang sendiri saat kuliah tentu sangatlah penting.

Cara Menghasilkan Uang Saat Kuliah (Kuliah Sambil Kerja)

Daftar Pekerjaan Part-Time

Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan part time yang sesuai dengan kegiatan mahasiswa yang mau bekerja keras.

Driver Online

Alternatif pekerjaan sampingan yang sangat fleksibel dengan kegiatan kuliah adalah menjadi driver online. Syarat menjadi driver online adalah memiliki kendaraan sendiri, entah itu motor atau mobil. Mahasiswa dapat menentukan sendiri waktu untuk mulai bekerja karena pekerjaan ini dapat dilakukan kapan saja. Namun, mahasiswa harus mau bekerja keras dengan berpanas-panasan, mengantre di restoran, dan menunggu penumpang. Setidaknya mahasiswa harus melakukan satu kali order setiap harinya agar tidak mendapat suspend dari perusahaan.

  • Investasi mikro

Bagi mahasiswa berinvestasi tentunya perlu mempelajari setiap detail pekerjaan ini, karena berinvestasi memerlukan modal dan pengetahuan yang mendalam agar dapat membaca peluang. Hal ini memang terlihat sulit pada mulanya, namun tentu dapat dipelajari dengan sering membaca panduan dan referensi yang berkaitan dengan saham. Belajar tentang jual beli saham juga dapat langsung dipelajari lewat transaksi dengan modal kecil, kerugian di awal akan membuat pengalaman dan kemampuan membaca pasar saham menjadi lebih bagus. Ketika sudah pandai dalam bermain saham, akan sangat mudah mengantongi profit yang kian meningkat seiring modal bertambah juga.

  • Menulis Artikel

Bagi mahasiswa, menulis adalah pekerjaan yang tidak begitu sulit. Mahasiswa terbiasa dengan tugas laporan yang membuat kemampuan mahasiswa tentunya menjadi lebih terasah, terlebih kemampuan berbahasa mahasiswa yang juga mulai meningkat. Walaupun tidak semua mahasiswa dapat menulis dengan baik dan benar, namun jika sering berlatih mahasiswa dapat menjadikan menulis artikel sebagai lading menghasilkan uang. Menulis artikel bias menjadi kerja sampingan untuk mahasiswa asalkan mahasiswa dapat membagi waktu antara mengerjakan tugas kuliah dengan menulis artikel. Semakin banyak artikel yang dapat dikerjakan dalam sehari, maka semakin banyak pula uang yang dapat dihasilkan.

  • Barista

sekarang ini bisnis coffee shop mulai menjamur di berbagai tempat, terlebih kota-kota besar yang banyak mahasiswanya. Daripada menghabiskan uang dengan duduk-duduk tidak jelas di coffee shop, mengapa tidak menghasilkan uang dengan belajar membuat kopi di coffee shop? Coffee shop biasanya membutuhkan pekerja paruh waktu yang dapat melayani pengunjung dan membuat kopi saat malam hari. Pekerjaan ini cocok untuk mahasiswa karena waktunya yang tidak full time dan berbentrokan dengan jadwal kuliah di pagi hari. Namun mahasiswa perlu juga memperhatikan jadwal beristirahat agar tidak mengganggu kuliah.

  • Usaha Online Shop

Menghasilkan uang saat kuliah juga dapat dilakukan dengan berjualan secara online. Usaha ini cukup menjanjikan dan sangat fleksibel untuk mahasiswa. Kemudahan mengakses berbagai media social dan internet memperlebar jangkauan pasar online. Kerja sampingan ini dapat dimulai dengan menentukan barang atau produk apa yang akan dijual, setelah itu membuat strategi pemasaran online, seperti platform yang akan digunakan untuk memasarkan produk. Banyak platform yang dapat digunakan sebagai lapak jualan online seperti social media seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp, atau bias juga melalui platform pasar online seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dsb.