Tips Pemula Saat Awal Masuk Kerja

Rekrutmen.info – Menjalani sesuatu yang baru tentu saja membuat Anda nervous. Namun tidak perlu takut untuk memiliki dan menghadapi pekerjaan baru dengan lingkungan yang baru dan orang-orang baru. Ada beberapa tips awal masuk kerja yang mungkin dapat membantu Anda menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru dan berani menghadapi berbagai pengalaman baru yang mungkin belum pernah Anda hadapi sebelumnya.

Tips Pemula Saat Awal Masuk Kerja

Tips Memasuki Dunia Kerja

Tips berikut ini akan membantu Anda menjalani masa awal masuk dunia kerja setelah lamaran Anda diterima perusahaan dan lolos setiap seleksi yang Anda lalui. Sebelum Anda masuk bekerja pastikan Anda sudah mencari informasi mengenai perusahaan, lalu lakukan hal di bawah ini,

  1. Berpakaian Rapih

Penampilan memang bukanlah tolak ukur utama untuk menilai seseorang, namun hal pertama yang akan dinilai dari seseorang adalah bagaimana cara berpakaian seseorang. Biasanya cara berpakaian akan menjadi penilaian tersendiri saat tahap seleksi wawancara maupun saat Anda sudah mulai bekerja. Biasanya bagian HR akan menjelaskan apa saja pakaian yang boleh ataupun harus dikenakan dalam perusahaan pada hari-hari tertentu. Perusahaan biasanya memiliki budaya tersendiri dalam hal mengatur pakaian pekerjanya. Jika pun tidak ada pakaian khusus, biasanya perusahaan akan menyarankan pekerjanya untuk berpakaian dengan sopan dan rapih.

  • Tidak Terlambat Datang

Dengan datang tepat pada waktu yang ditentukan akan menunjukkan bahwa Anda mampu mengatur waktu dengan baik. Terlebih jika Anda dapat datang lebih awal, hal ini dapat memberikan waktu lebih untuk mempersiapkan segala hal sebelum Anda mulai bekerja dan merencanakan hal-hal yang akan Anda lakukan sepanjang hari dan menghindari skorsing perusahaan. Datang lebih awal juga akan memberikan kesan yang bagus mengenai Anda pada atasan.

  • Bersikap Baik dan Terbuka

Tips awal masuk kerja selanjutnya adalah menentukan sikap yang ramah terhadap rekan sepekerjaan Anda. Sikap awal saat masuk kerja akan memberikan kesan tersendiri mengenai Anda dimata orang-orang yang mungkin akan Anda butuhkan pertolongannya dimasa depan. Memperkenalkan diri dengan ramah akan memberikan kesan awal yang baik dimata rekan kerja Anda, selain itu memulai perkenalan akan memperlihatkan sifat keterbukaan. Sikap yang baik akan memunculkan hubungan dan komunikasi yang baik pula dengan teman kerja, ini akan memudahkan Anda untuk mengerjakan pekerjaan Anda kedepannya.

Sering kali alasan seseorang memutuskan berhenti bekerja di suatu perusahaan dikarenakan komunikasi yang kurang baik dengan teman kerja. Dengan bersikap terbuka dan rendah hati akan memudahkan proses Anda mempelajari hal-hal baru saat bekerja. Memperhatikan dan mendengarkan arahan dari teman kerja akan membantu Anda memahami situasi lingkungan kerja dan pekerjaan Anda.

  • Profesional dan Bertanggungjawab

Menggunakan gadget pada saat bekerja memang terkadang diperlukan. Namun pastikan Anda menggunakan gadget dengan bijak saat bekerja, misalnya kurangi mengecek social media saat bekerja dan fokus pada pekerjaan kantor yang harus segera diselesaikan. Jangan sampai gadget mengganggu konsentrasi bekerja Anda. Hindari membicarakan hal pribadi atau hal yang tidak penting saat Anda memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan.

  • Tidak Terburu-buru Pulang

Terburu-buru pulang dapat membuat Anda melewatkan bermacam hal yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda dan pekerjaan Anda. Tips awal masuk kerja lainnya adalah dengan pulang agak terlambat. Sisihkan satu hingga dua jam berada dikantor untuk menyelesaikan pekerjaan yang mungkin belum selesai hari itu atau sekedar mengobrol dengan rekan kerja. Ini akan membuat bonding yang bagus dengan teman kerja dan memberikan kesan yang baik pada atasan.