Momok Yang Paling Ditakuti Oleh Pelamar Pekerjaan

Rekrutmen.info – Untuk dapat posisi di perusahaan adalah hal yang sangat sulit sekali karena pesaing sangat banyak dan juga proses untuk meraih posisi tersebut terbilang sangat sulit. Pelamar pekerjaan sangat takut saat menghadapi HRD karena banyak yang gugur karena tidak mampu memenuhi apa yang HRD minta. Memang sudah ada artikel yang membahas tips menghadapi HRD dan tips mendaftar kerja bagi pemula tetapi kembali lagi ke diri pelamar apakah mampu menjalankan tips tersebut atau tidak. Apabila pelamar tidak mampu melakukan tipsnya sama saja pelamar akan gagal melalui proses wawancaranya. Wawancara memang sangat penting sekali manfaatnya karena bisa membuat pihak HRD tahu sifat dan juga perilaku dari pelamar.

Momok Yang Paling Ditakuti Oleh Pelamar Pekerjaan

Tips Terjitu Meluluhkan Hati Kepala Hrd

Untuk rintangan pertama yang harus dilewati pelamar adalah bagian HRD karena bagian pada perusahaan inilah yang akan meloloskan pelamar ke tahap yang lebih tinggi lagi. Jika tes yang diberikan bagian HRD sudah dilewati maka pelamar sudah dinyatakan akan lolos karena untuk tahap berikutnya hanyalah membahas mengenai kontrak kerja dan juga gaji. Karena tahapan wawancara oleh HRD sangatlah penting maka perlu diikuti dan harus sukses dalam mengikutinya, untuk sukses wawancara yang perlu pelamar lakukan adalah memikat dan meluluhkan hati kepala HRD. Untuk tips yang bisa dicoba pelamar akan menjadikan hal tersebut terjadi ada di bawah ini.

  • Tahu Posisi Yang Akan Dilamar

Untuk tips menghadapi HRD yang pertama adalah harus paham dulu apa saja posisi yang mau dilamar, biasanya sebuah perusahaan akan memberitahukan posisi apa yang kosong. Jika seperti itu maka pelamar bisa mencari tahu apakah pekerjaan dan tugas yang harus dilakukan jika menduduki posisi tersebut. Karena HRD pasti akan menanyakan hal tersebut sebab untuk mengetes seberapa besar pengetahuan dan juga ilmu pelamar mengenai posisi pada perusahaan. Jika pelamar sudah paham dan dapat menjawab semua pertanyaan dari HRD maka HRD akan memberikan penilaian yang bagus dan juga akan merekomendasikan pelamar untuk bisa diterima.

  • Komunikatif Dengan HRD

Tips kedua yaitu pelamar jangan hanya bertindak sebagai penjawab pertanyaan saja tetapi harus menanyakan pertanyaan kepada pihak HRD. Untuk pertanyaannya adalah pertanyaan yang ada hubungannya dengan posisi yang mau dimasuki pelamar, dari mengajukan pertanyaan tersebut pihak HRD akan tahu apakah pelamar memang berniat mendaftar atau hanya mencoba-coba saja. Pelamar tetapi juga harus membatasi pertanyaan tersebut karena ada beberapa pertanyaan yang bisa saja akan menyinggung hati kepala HRD.

Memang sulit untuk meluluhkan hati seseorang apalagi orang itu belum kita kenal dengan baik, tetapi jika kita yakin dan tidak melakukan tindakan bodoh pasti akan mudah membuat HRD tertarik dengan kita. Itulah beberapa tips menghadapi HRD saat melakukan sebuah wawancara kerja dan baiknya tips tersebut dilakukan dengan baik.