Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

Rekrutmen.info – Kali berbagi tips mengenai bagaimana cara menghadapi rekan kerja yang menyebalkan. Dalam lingkungan kerja dapat diibaratkan sebagai tempat pertemuan orang-orang yang memiliki karakter dan latar belakang berbeda-beda, Setiap pekerja memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya yang telah dipercayakan oleh atasan mereka, dan diharuskan untuk mereka untuk bisa bekerja sama dengan baik bersama rekan kerja lainnya. Apalagi bila ada didalam satu team, Kerjasama adalah hal penting dalam sebuah pekerjaan.

Kadang dalam membangun hubungan kerja sama dengan anggota team lainnya ada satu orang yang membuat kita dan rekan anggota lainnya menganggap hanya menjadi sumber masalah karena sikapnya yang sering berkata kasar dan perilaku yang kurang sopan.

Hal ini tentu saja mempersulit anggota lain yang sering bersinggunan dengannya apalagi soal pekerjaan. Apabila Anda memiliki rekan kerja yang menyebalkan , silahkan ikuti tips kerja dibawah ini:

  1. Anda harus ingat Hal yang mendasari perilaku karyawan yang hostile justru bukan disebabkan oleh anda. Masalah yang ditimbulkan oleh masalah luar kantor seperti masalah pribadi atau keluarga secara tidak sadar terbawa kedalam suasana kerja. Jadi yang menyebabkan musuh Anda terlihat menyebalkan bisa saja disebabkan karena masalah pribadi mereka, jadi selama yang anda kerjakan hal terbaik untuk pekerjaan sebaiknya tak perlu dipikirkan musuh anda seperti itu. Positif Thinking!.
  2. Sebelum bertemu dengan rekan yang menyebalkan, Anda perlu siapkan argumen yang jelas bisa nanti terjadi perselisihan. Anda bisa buat skenario dalam pikiran anda untuk menghadapi segala alasan yang mungkin akan disampaikan oleh rekan kerja yang menebalkan itu. Anda perlu ingat untuk tidak menunjukan rasa takut anda dan juga rasa arogansi anda. Anda bisa sampaikan setiap argumen anda dengan penuh percaya diri.
  3. Terbuka saat diskusi, walaupun rekan menyebalkan itu menunjukan sikap kurang menyenangkan, namun jangan sia-siakan jika ia ingin berdiskusi dengan anda. Anda juga bisa ajak dia diskusi mencari penyelesaian yang memberikan solusi bagi kedua belah pihak.
  4. Jangan cuma jadi pemicu permasalahan, Saya rasa Anda tahu sebaiknya apa yang harus anda lakukan agar diskusi anda berjalan lancar.
  5. Tawarkan dan Beri Bantuan. Mungkin saja sikapnya yang kurang menyenangkan itu karena pekerjaan yang over load dan tidak bisa dibagi kepada rekan kerja lainnya. Anda bisa tawarkan bantuan apabila anda mampu mengerjakan sedikit pekerjaannya, tawarkan uluran tangan anda karena ini adalah cara yang ampuh untuk membuatnya merasa dekat dengan anda.

Apabila semua hal tersebut anda lakukan dengan maksimal, tapi hasilnya jauh dari harapan, bahkan mengganggu pekerjaan Anda maka yang bisa dilanjutkan sselanjutnya adalah mencari lowongan kerja, karena bekerja dengan rekan kerja yang menyebalkan hanya membuat lingkungan kerja terasa tidak nyaman.